Pages

Ads 468x60px

Saturday, March 10, 2012

Inspirasi Dari Negeri 5 Menara

Anda pernah membaca novel "Negeri 5 Menara" karya Ahmad Fuadi? Jika sudah pernah, maka akan semakin lengkap bila anda juga menonton filmya. Novel best seller ini akhirnya naik layar lebar. Tentunya dengan interpretasi visual yang apik dari sutradara Salman Aristo.

Sama seperti novelnya, film "Negeri 5 Menara" juga bercerita tentang kegigihan Alif (Gazza Zubizareta) pemuda dari Maninjau, Sumatera Barat, untuk menggapai mimpinya. Alif sebenarnya lebih memilih untuk masuk sekolah umum daripada masuk pondok pesantren, karena ia becita-cita untuk mengenyam pendidikan di ITB.Namun impian Alif tersebut seakan sirna setelah sang Amak (Lulu Tobing) dan Ayah (David Chalik) ingin putranya tersebut masuk ke pesantren di Jawa Timur, agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.


Semangat Alif kian kendur setelah mengetahui sistem pendidikan Pondok Madani lebih lama setahun ketimbang SMA. Namun Alif tetap berusaha tegar untuk menjalani sekolahnya bersama 5 teman dari daerah lain yaitu Said (Ernest Samudra) dari Surabaya, Baso (Billy Sandy) dari Gowa, Atang (Rizki Ramdani) dari Bandung, Raja (Jiofani Lubis) dari Medan, dan Dulmajid (Aris Putra) dari Madura. Karena sering berkumpul di sebuah menara Pondok Madani, Alif dan kawan-kawan akhirnya sepakat menamakan kelompok mereka Sahibul Menara dengan semangat 'Man Jadda Wajada' (Siapa yang bersungguh-sungguh dia akan berhasil).

Meski banyak bagian dari novel yang dihilangkan dalam film ini, namun secara keseluruhan telah cukup mencover pesan yang dimaksud si pembuat novel. Gambar di film ini juga menarik karena disertai dengan pemandangan alam yang indah. Acting para pemain baru yang lolos dari hasil casting pun tidak kalah dengan pemain senior lainnya.

Selamat menonton!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...